Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Dari Tretes

f:id:justshare:20151206212635j:plain

Pendakian Gunung Arjuno Welirang - Gunung arjuno merupakan salah satu gunung tertinggi yang berada di jawa timur. Ketinggian puncak gunung arjuno sudah diatas 3000 mdpl yaitu tepatnya 3339 meter diatas permukaan laut. Banyak jalur yang bisa ditempuh untuk mendaki ke gunung arjuno welirang, diantaranya jalur tretes, jalur purwosari, jalur lawang dan jalur kota batu.

Tapi biasanya para pendaki memilih jalur yang umum digunakan yaitu jalur tretes. Jalur ini berada di kecamatan Pandaan, Pasuruan. Disepanjang jalur tretes banyak ditemukan sumber mata air yang dapat digunakan para pendaki untuk bekal selama perjalanan mendaki. Berikut dibawah ini sedikit ulasan tentang jalur pendakian gunung arjuno dari tretes.

Para pendaki bisa mengurus simaksi perijinan di kawasan tretes, disana sudah tersedi pos perijinan untuk mengurus segala keperluan terkait dengan gunung arjuno. Setelah semuanya selesai perjalanan akan dimulai dengan melewati jalur setapak berbatu hingga nanti sampai di pet bocor. Pendaki bisa istirahat sejenak di tempat ini dan bisa mengisi bekal minuman.

Kemudian perjalanan pendakian gunung arjuno bisa dilanjutkan menuju ke pondokan. Jarak tempuh kurang lebih memakan waktu 5 jam perjalanan dari pet bocor. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju kop-kopan. Disini juga terdapat sumber mata air. Pendaki dapat mendirikan tenda di tempat ini untuk bermalam.

Keesokan harinya pendaki bisa memilih jalur ke kiri untuk menuju puncak gunung arjuno. Jika jalur lurus maka akan menuju ke puncak gunung welirang. Perjalan dari kop-kopan menuju puncak gunung arjuno kurang lebih 6-7 jam perjalanan. Nanti kita akan melewati daerah yang bernama lembah kidang. Jika beruntung, pendaki akan bertemu dengan hewan kijang yang sedang mencari makanan.

Setelah sampai di daerah bebatuan dan jalur setapak mulai melewati punggungan bukit, itu tandanya puncak gunung arjuno sudah di depan mata. Dan jika sudah menemukan bendera merah putih yang berkibar-kibar dan plang bertuliskan “Puncak Arjuno 3339 mdpl”, itulah puncak gunung arjuno. Puncak ini memang terdiri bebatuan besar yang tersusun dengan rapi dan di salah satu sisinya merupakan tebing yang cukup curam. Para pendaki diharapkan berhati-hati ketika berada di puncak arjuno.

Perjalanan pulang bisa memilih jalur lawang. Jalur yang ditempuh lumayan cukup curam. Tapi tentunya itu merupakan tantangan yang harus ditaklukkan oleh para pendaki. Itu sedikit pembahasan tentang jalur pendakian gunung arjuno via tretes yang semoga bisa membantu para pendaki pemula untuk menaklukkan puncak gunung arjuno.