Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Khasiat Beras Merah Yang Sangat Luar Biasa

f:id:justshare:20170829110715j:plain

Mungkin anda masih baru mendengar dengan yang namanya beras merah (brown rice). Namun bagi orang yang sedang dalam program diet, beras merah ini sudah tidak asing lagi. Iya, beras merah memang sangat ampuh untuk menurunkan berat badan dan orang yang mengalami obesitas. Kandungan serat yang tinggi pada beras merah ini membuat pengonsumsinya tidak mudah lapar.

Dulunya, beras merah sering dianggap makanan orang miskin dan para manula. Iya fakta ini memang terjadi pada saat zaman kemerdekaan Republik Indonesia. Para orang-orang pribumi yang tidak punya pasti mengkonsumsi beras merah, sedangkan mereka yang berada di kelas menengah ke tas mengkonsumsi beras putih.

Namun saat ini, kepopuleran beras merah akan khasiatnya sudah jauh mengungguli beras putih. Beras merah sudah dikonsumsi oleh para kelas atas yang sedang dalam masa penyembuhan berbagai penyakit atau juga orang yang ingin memanfaatkannya untuk mendapatkan kecantikan kulit wajah.

Kandungan gizi dalam beras merah sangatlah banyak, ini dikarena banyak zat dan senyawa yang memang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Salah satu contohnya adalah vitamin dan asam amino yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga ada kandungan mineral, karbohidrat, protein, serat, minyak alami dan zat antosianin yang meliputi senyawa antioksidan, antikanker, antihipertensi dan yang lainnya.

Harga beras merah jauh lebih mahal dari harga beras putih, karena bahan ini memang sangat langka dan sedikit petani yang membudidayakannya. Itu disebabkan karena proses penyimpanan gabah beras merah yang sulit dan juga nasi beras merah mudah basi. Selain itu rasa apek, pera dan tidak pulen juga membuat petani enggan menanamnya.

Beberapa Khasiat Beras Merah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Mengobati Diabetes Dan Kencing Manis

Kandungan vitamin A dan vitamin B kompleks pada beras merah mampu mencegah resiko terkena penyakit diabetes. Begitu juga dengan kandungan serat didalamnya yang berfungsi untuk menstabilkan peredaran gula darah dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Beras merah memiliki senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkan berbagai jenis penyakit kanker, salah satunya adalah kanker usus.

  1. Untuk Ibu Hamil Dan Bayi

Beras merah juga berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh ibu hamil. Bayi yang berumur 6 bulan keatas juga disarankan mengkonsumsi beras merah supaya baik pencernaannya. Beras merah ini juga sangat cocok sebagai makanan pendamping ASI.

  1. Menghaluskan Dan Melembutkan Kulit

Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan, kandungan vitamin B kompleks pada beras merah juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan begitu ampuh meregenerasi sel kulit yang sudah mati.

Dan masih banyak lagi khasiat beras merah lainnya, seperti untuk pengobatan asma, meningkatkan kekebalan tubuh, untuk menurunkan berat badan, mempersehat pencernaan, menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah osteoporosis, mencegah batu empedu, menyehatkan sistem saraf, dll.

Cara mengkonsumsi beras merah ini bukan hanya dimasak menjadi nasi saja, tapi kita juga bisa berkreasi dari olahan tepung beras merah menjadi aneka kue dan roti. Cara membuat tepung beras merah adalah dengan cara direndam dulu selama 24 jam lalu keringkan. Setelah itu giling hingga lembut dan keringkan. Untuk hasil yang maksimal maka sebaiknya di oven dengan suhu yang hangat.

Atau anda juga bisa memanfaatkan air tajin dari beras merah untuk kecantikan kulit dan pelembab bibir. Air tajin beras merah juga bisa dijadikan masker wajah dan lulur untuk membersihkan tubuh.

Sudah dibahas sebelumnya jika rasa nasi beras merah ini kurang nyaman di lidah. Anda bisa mengakalinya waktu memasaknya yaitu dengan mencampur beras merah, dengan perbandingan satu banding satu. Dan saat memasaknya anda bisa kasih daun salam dan daun pandan serta bisa dilapisi dengan daun pisang supaya lebih gurih dan nikmat.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat dari beras merah yang bisa anda gunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Namun sebelum mencoba semua resep yang disebutkan diatas, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal tanpa terkendala apapun.

Konsumsilah beras merah dalam batas sewajarnya saja, karena apapun yang dimakan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping negatif bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.