Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Penyebab Bibir Hitam Dan Kering Serta Cara Mengatasinya

f:id:justshare:20170919160009j:plain

Seperti kita ketahui bersama bahwasanya salah satu bagian tubuh yang tidak memproduksi minyak karena tidak memiliki kelenjar keringat adalah bibir. Ini juga mempengaruhi terhadap kelembabannya karena bibir tidak menjaga dan memasok minyak pada bagian sel kulitnya. Tentunya bibir sangat mudah sekali kering dan pada akhirnya akan pecah-pecah dan warnanya berubah menjadi hitam gelap.

Jika Anda menginginkan bibir yang merah merona maka sebaiknya lakukan perawatan dengan benar agar bibir bisa terus lembab dan tidak pecah-pecah. Ada banyak penyebab yang bisa menjadikan bibir berwarna hitam dan kering. Salah satunya gaya hidup yang buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, sering minum teh dan kopi, mengkonsumsi narkoba dan yang lainnya.

Tubuh yang kekurangan cairan dan vitamin C juga menjadi penyebab bibir hitam dan kering. Oleh karena itu sebaiknya konsumsi buah dan sayuran secara rutin agar kebutuhan vitamin C pada tubuh bisa tercukupi. Perbanyaklah minum air putih, setidaknya minimal 3 liter per hari supaya bibir terus lembab dan tidak pecah-pecah.

Jika Anda sering beraktifitas di luar ruangan maka pakailah tabir Surya pelindung bibir seperti lip balm dan lipgloss. Ini berfungsi untuk menangkal sinar ultra violet yang dapat menyebabkan bibir berubah dari warna aslinya yang merah. Sinar UV dapat mempengaruhi pigmentasi pada sel kulit bibir dan jika dibiarkan terus maka lambat lain akan kering dan pecah-pecah.

Hindari juga kebiasaan buruk seperti menggigit bibir dan membasahi bibir dengan air ludah. Sebenarnya air ludah tersebut malah mempercepat bibir kering dan gelap. Sebaiknya pakai plastik pelembab bibir yang cocok agar bibir tidak mengalami alergi.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa banyak produk kecantikan, termasuk juga lipstik yang mengandung racun. Seperti timbale dan mercury. Ini sangat berbahaya bagi tubuh dan juga membuat bibir hitam dan kering.

Rutinlah membersihkan sisa lipstik di malam hari saat menjelang tidur. Dan oleskan ramuan alami pemerah bibir agar bibir bisa terus lembab sepanjang malam. Ada beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk memerahkan bibir secara permanen, seperti gula pasir, garam, madu asli, minyak zaitun dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua penyebab bibir hitam dan kering tersebut sebaiknya Anda hindari sejak dini agar bisa timbul lagi rasa percaya diri yang hilang. Bibir merah merekah melambangkan sensualitas bagi seorang wanita. Cantik itu tidak hanya dari dalam tubuh saja, namun kecantikan pada bagian luar tubuh juga penting untuk menunjang proses penampilan yang sempurna.

Tips Memerahkan Bibir Dengan Alami

  1. Madu

Madu memiliki sifat untuk mencerahkan bibir hitam dan menjaga kelembabannya. Siapkan 1 sendok makan madu murni lalu oleskan pada bibir sampai merata. Diamkan selama lima belas menit lalu bersihkan menggunakan air dingin.

  1. Es Batu

Menggosokkan es batu pada bibir selama 10 menit juga dapat memperlancar aliran darah di dalam bibir. Es batu juga memiliki sifat menenangkan sehingga bibir akan tampak lebih merah dan sehat.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun banyak mengandung nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Dengan mengoleskan minyak zaitun pada bibir makan ini berfungsi untuk mengembalikan warna natural bibir yang sebenarnya berwarna merah. Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan gula pasir agar bibir bisa lebih lembut dan tidak kering.

  1. Bubuk Kunyit

Ambil 1 sendok kunyit yang sudah dihaluskan menjadi bubuk, kemudian campur dengan 1 sendok madu asli. Aduk hingga merata. Oleskan ramuan tradisional tersebut pada bibir secara merata dan lakukan pijatan pelan. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan menggunakan air.

  1. Mentimun

Manfaat mentimun ini memang sudah populer untuk menghaluskan kulit, termasuk juga bibir. Dengan mengoleskan irisan mentimun pada bibir maka bibir akan kembali berwarna merah merona. Lakukan gogokan mentimun pada bibir ini setiap hari supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa cara memerahkan bibir menggunakan bahan alami yang murah dan mudah didapatkan bahannya. Mulai sekarang, penyebab bibir hitam dan kering yang harus Anda hindari mulai dari sekarang. Selain mendapatkan bibir yang sehat, kita juga menerapkan gaya hidup yang sehat, baik sehat dari luar maupun sehat dari dalam.