Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Buah Yang Mengandung Vitamin A Untuk Kesehatan Mata

f:id:justshare:20171004170217j:plain

Salah satu manfaat utama dari vitamin A adalah dapat menyehatkan mata. Tidaklah heran jika saat kecil dulu kita sering disuruh oleh orang tua untuk sering mengkonsumsi buah pepaya dan wortel, karena keduanya sangat kaya akan vitamin A. Sebenarnya khasiat dari vitamin A ini bukan hanya baik bagi penglihatan mata, tapi juga ada manfaat lain yang juga dapat menyehatkan tubuh kita.

Selain dapat dapat mempersehat mata, vitamin A ini juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikan bebas untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan, mempersehat pencernaan, mengatasi penyakit anemia, memadatkan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis dan bahkan juga dapat berkhasiat untuk perawatan kecantikan seperti mempersehat kulit dan rambut.

Perlu Anda ketahui, jika di telisik dari sumbernya, jenis vitamin A ini terbagi menjadi 2 macam. Yang pertama adalah vitamin A hewani yang bisa didapatkan dari hewan atau bahan yang berbahan dasar hewan. Seperti daging sapi, hati ayam, yogurt, susu, mentega dan yang lainnya. Jenis yang kedua adalah vitamin A nabati yaitu yang didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci tentang vitamin A nabati yang berasal dari beragam jenis buah. Buah apa saja yang banyak mengandung vitamin A? Lalu manfaat vitamin A itu apa saja bagi kesehatan tubuh manusia? Berikut dibawah ini akan kami rinci daftar buah yang mengandung vitamin A mulai dari yang terbanyak hingga yang sedikit.

Buah Yang Banyak Mengandung Vitamin A

1. Melon

Pada awalnya buah melon ini termasuk buah yang identik dengan orang kaya karena dulu tidak ada petani yang membudidayakannya sehingga harganya mahal. Namun sejak tahun 90an, mulai ada beberapa petani yang mencoba menanam buah melon dan berhasil sehingga lambat laun harganya mulai turun.

Buah melon ini memiliki rasa yang lezat, manis dan nikmat. Selain itu, buah melon termasuk buah yang paling tinggi vitamin A. Dalam 100 gram buah melon terdapat 3382 IU vitamin A atau sudah 112% memenuhi kebutuhan vitamin A harian tubuh. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, buah melon ini juga dapat menyehatkan indra penglihatan dan mencegah beragam penyakit kronis agar tidak menyerang tubuh.

2. Aprikot

Buah ini memang jarang kita dengar karena sangat sedikit sekali orang yang mengkonsumsinya. Bentuknya kecil berwarna orange dan berdiameter kurang lebih 5 cm. Meskipun bentuk dan ukuran buah aprikot ini sangat kecil, kandungan gizi dan nutrisi dalam aprikot sangatlah tinggi dan beragam, khususnya kandungan vitamin A yang mencapai 1926 IU dan ini sudah memenuhi 64% kebutuhan harian tubuh.

3. Markisa

Buah markisa merupakan buah yang sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kandungan vitamin A pada buah markisa ini mencapai 1274 IU. Selain itu, markisa ini juga sangat kaya akan serat dan mineral sehingga sangat baik dijadikan makanan untuk diet sehat secara efektif. Manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak, diantaranya adalah untuk kesehatan mata dan pencernaan usus.

4. Jeruk Bali

Ukuran jeruk bali memang jauh lebih besar daripada jeruk biasa yang selama ini kita makan. Pada 100 gram jeruk bali, kandungan vitamin A nya bisa mencapai 1150 IU. Dan kandungan kalori pada buah jeruk bali ini sangat rendah, yaitu 42 kalori. Meskipun rasanya agak sedikit pahit, manfaat buah jeruk bali untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak.

5. Mangga

Buah mangga sangat mudah ditemukan di sekitaran rumah karena banyak sekali orang yang menanam pohon mangga di halaman rumahnya. Jenis buah mangga juga sangat beragam, seperti manalagi, arum manis dan yang lainnya. Kandungan vitamin A pada 100 gram buah mangga terdapat 765 IU atau sudah memenuhi 25% kebutuhan harian tubuh. Buah mangga juga mengandung flavonoid dan betakaroten yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh agar terhindar dari kerusakan.

6. Pepaya

Pepaya ini merupakan buah yang sangat terkenal dengan kandungan vitamin A didalamnya. Kandungan vitamin A pada buah pepaya sebanyak 100 gram mencapai 1094 IU. Selain baik untuk kesehatan mata, buah pepaya ini juga menyehatkan pencernaan tubuh.

7. Cherry

Buah cherry ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Kandungan anti oksidan pada buah cherry berguna untuk melawan radikal bebas untuk melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan yang mengganggu kesehatan, seperti penyakit jantung, kanker dan hipertensi. Dalam 100 gram buah cherry terdapat 767 IU vitamin A.

Itulah beberapa buah yang mengandung vitamin A terbanyak dan sangat baik bagi kesehatan mata. Selain itu, ada beberapa buah lagi yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Seperti buah tomat, jambu biji, semangka, buah plum, persik, jeruk, labu, kurma, alpukat, buah tin, nangka, kiwi, kesemek dan yang lainnya.