Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

f:id:justshare:20180307172825j:plain

Bagi anda yang hobby memasak kue atau jajanan pasti sudah tau apa itu baking soda. Iya , baking sodan ini memang sering digunakan sebagai bahan pembuatan kue. Sebenarnya ada banyak manfaat dari baking soda ini, seperti menghilangkan bau tak sedap di kulkas dan melancarkan saluran air di wastafel.

Selain manfaat yang disebutkan diatas, ada beragam manfaat baking soda lainnya, khususnya untuk kesehatan tubuh manusia. Nah di bawah ini kita akan bahas tuntas apa saja khasiat baking soda bagi kesehatan.

Pengertian Baking Soda

Baking soda terdiri dari sodium berkarbonat yang dapat digunakan untuk memasak kue agar bisa mengembang. Saat bahan alami ini dicampurkan pada bahan adonan kue maka akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas karbon dioksida.

Bentuk dasar dari baking soda adalah nahcolite yang kaya akan kandungan natron. Nah, pada zaman dulu di mesir kuno, natron ini berfungsi untuk pembersih badan atau sabun mandi. Lalu pada tahun 1846 diproduksilah produk baking soda yang pertama kali dan hingga sekarang yang kita kenal ini.

Para pakar kesehatan banyak yang menyarankan penggunaan baking soda karena diketahui sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dan tentunya ini sudah melalui proses penelitian yang terbukti khasiatnya.

Beragam Manfaat Baking Soda Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

  1. Sebagai deodoran alami

Untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak saat kita berkeringat maka Anda bisa menggunakan bahan alami seperti baking soda. Caranya adalah dengan mengoleskan langsung ke ketiak. Atau anda juga bisa mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta, lalu oleskan.

  1. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat baking soda juga bisa untuk perawatan kulit wajah agar terlihat semakin cantik dan sehat. Dengan memakai masker baking soda maka wajah akan tampak lebih halus dan bersih. Baking soda disini berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan juga menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Kegunaan baking soda ini bukan hanya terpaku pada kulit wajah saja, tapi juga bisa anda aplikasikan pada kult tubuh yang lainnya, seperti menyembuhkan tumit yang pecah, menghaluskan kaki dan yang lainnya.

  1. Relaksasi tubuh

Untuk melakukan perawatan tubuh atau relaksasi, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Gunakanlah baking soda sebagai bahan alami untuk spa di rumah.

Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dan sari cuka apel pada air yang diletakkan di dalam wadah seperti bak mandi. Gunakan air tersebut untuk berendam agar bakteri yang menempel pada kulit bisa terbersihkan dengan baik.

  1. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari

Bahaya radikal bebas bisa mengancam sel pada kulit tubuh. Seperti sering terkena debu, polusi dan paparan sinar matahari secara langsung. Untuk mengatasi kulit yang terbakar karena sengatan sinar matahari maka gunakan campuran baking soda dan air untuk mengkompres kulit terbakar tersebut.

  1. Mengobati kanker

Baking soda juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker dan juga membasmi sel kanker agar tidak berkembang di dalam tubuh. Caranya dengan melakukan terapi pengobatan yang diberikan secara oral atau langsung dimasukkan ke dalam paru-paru.

  1. Menyembuhkan gatal-gatal

Timbulnya rasa gatal pada kulit biasanya diakibatkan oleh gigitan serang atau mengalami alergi. Cara mengatasi kulit gatal dengan baking soda adalah dengan mencampurkan sedikit air pada baking soda lalu aduk sampai membentuk seperti pasta.

Oleskan pasta baking soda tersebut pada area kulit yang gatal secara merata. Baking soda akan bekerja untuk menetralisisr racun yang menjadikan kulit terasa gatal dengan ampuh dan efektif.

  1. Pasta gigi alami

Manfaat baking soda untuk gigi sangatlah beragam, seperti membersihkan plak, menghilangkan bau, mengatasi gigi kuning dan menjadi gigi sehat sehingga terhindari dari sakit gigi yang bikin ngilu.

Cara membuat pasta gigi menggunakan baking soda adalah dengan mencampur baking soda dengan garam secukupnya. Perbandingannya adalah 6:1. Masukkan ke dalam wadah dan aduk selama 1 menit. Gunakan ramuan tersebut sebagai pasta gigi dengan langsung digosokkan pada permukaan gigi secara perlahan-lahan. Setelah itu kumur-kumur dengan air bersih.

Itulah beberapa manfaat baking soda yang bisa Anda praktekkan di rumah agar kecantikan kulit dan kesehatan tubuh jadi lebih sehat. Gunakan baking soda tersebut dengan telaten dan rutin agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.