Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Tanda-Tanda Kehamilan

Salah satu tujuan dari menikah adalah untuk mendapatkan keturunan sebagai penerus nantinya. Dan ketika suami mengetahui kalau istrinya lagi hamil, biasanya pasangan tersebut akan merasakan kebahagiaan rumah tangga yang begitu lengkap.

Secara umum, sudah banyak para ibu yang mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Biasanya informasi tentang orang hamil tersebut ditandai dengan telat datang bulan atau merasa mual-mual. Tapi pada kenyataannya, kedua tanda tersebut bukan sebuah kepastian. Tanda orang hamil memang pasti terlambat datang bulan dan mual-mual, tapi orang yang terlambat haid dan mual-mul tidak selalu pertanda sedang hamil.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar hamil atau tidak. Semakin banyak Anda mengetahui tanda-tanda kehamilan, maka bisa dipastikan kemungkinan itu hamil akan besar.

Bila dilihat dari ilmu medis, tanda-tanda hamil pada minggu pertama ditentukan sejak hari pertama setelah anda bersih dari menstruasi. Agar lebih jelas tentang apa saja tanda-tanda awal kehamilan tersebut, simak artikel ini hingga selesai.

Artikel Terkait : Madu Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil

Tanda Awal Kehamilan

Sebenarnya untuk mengetahui tanda-tanda awal apakah seorang istri itu benar-benar hamil bisa dilakukan secara medis, yaitu melakukan pemeriksaan ke dokter atau bidan. Hasil yang didapatkan pasti lebih akurat bila dibanding tanda-tanda secara fisik. Tapi, tidak ada salahnya Anda juga harus mengetahui tanda-tanda orang hamil melihat dari keadaan fisik dari orang tersebut. Diantaranya adalah :

  1. Mengalami Pendarahan

Tanda pertama yang sering dialami oleh para bunda yang sedang hamil adalah terjadinya pendarahan atau keluarnya bercak darah yang disebabkan oleh implantasi. Ini adalah proses penempelan janin ke dinding rahim wanita. Proses implantasi ini hanya mengeluarkan sedikit darah saja atau berupa bercak darah, dan tentunya jauh lebih sedikit bila dibandingkan darah yang keluar saat haid.

Pendarahan ini biasanya terjadi pada awal-awal kehamilan yaitu pada minggu pertama atau minggu kedua. Namun jika terjadi pendarahan saat Anda sudah mengetahui kalau hamil maka sebaiknya periksakan ke dokter agar bisa lebih jelas.

  1. Kram Perut

Pada minggu-minggu awal kehamilan, para wanita juga akan merasakan sakit perut atau kram perut. Ini juga diakibatkan oleh proses implantasi. Kram perut tersebut tetap akan terasa selama proses penempelan janin ke dinding rahim masih berlangsung.

  1. Merasakan nyeri pada payudara

Para wanita akan merasa sensitif saat awal kehamilan. Biasanya payudara wanita tidak bisa dipegang karena merasakan nyeri. Selain itu, bentuk dan ukuran payudara juga akan semakin besar. Pertanda lainnya adalah dada merasakan gatal-gatal.

  1. Telat Haid

Tanda kehamilan yang paling umum dan sudah banyak yang mengetahuinya adalah telat datang bulan. Proses ini terjadi karena sel telur sudah terbuahi dan tidak akan dikeluarkan lagi. Ovarium juga tidak akan memproduksi sel telur lagi selama masa kehamilan.

  1. Mual-Mual

Sering mual-mual dan bahkan muntah itu juga pertanda kehamilan awal. Keadaan ini bisa terjadi selama beberapa hari dan biasanya terjadi pada pagi hari (morning sickness).

  1. Sering Buang Air Kecil

Saat mengalami hamil muda, secara otomatis janis membutuhkan tempat atau ruang yang cukup luas. Dan perluasan rahim tersebut dapat mengakibatkan kantong kemih tertekan sehingga ibu hamil akan sering buang air kecil.

  1. Sering kelelahan

Tanda awal kehamilan yang berikutnya adalah sering merasakan lelah saat beraktifitas sehari-hari. Meskipun cuma aktifitas ringan, ibu yang sedang hamil muda tetap akan merasa lelah. Energi yang terdapat di dalam tubuh seperti cepat terkuras.

Tanda lain yang sering dialami oleh bunda yang hamil muda adalah sering mengantuk, kepala pusing, mengalami sembelit, perut kembung atau merasa masuk angin

Memeriksakan Kehamilan Secara Medis

Cara terbaik untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan adalah dengan memeriksakan secara medis. Anda tidak harus ke dokter, cukup dengan memakai aat tes kehamilan (test pack). Tingkat keakuratannya juga sangat teruji hingga 99 persen. Anda bisa melakukannya pada pagi hari, yaitu dengan mencelupkan test pack ke air seni. Jika keluar 1 garis berarti negatif dan jika 2 gari berarti Anda positif hamil.

Atau jika ingin pergi ke dokter, Anda bisa melakukan pemeriksaan USG. Teknologi ini bisa dengan jelas bentuk janin, ukuran janis dan semua organ tubuh pada janin.