Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Cara Mudah Belanja Di Situs Alibaba

Alibaba merupakan salah satu market place terbesar di dunia. Situs alibaba ini merupakan pasar online yang banyak memiliki anak situs yang tergabung dalam Alibaba Group. Market place Alibaba bukan hanya bertaraf lokal saja, tapi sudah internasional.

Anda diperbolehkan menjual atau membeli di Alibaba. Jika Anda mencari produk disana, hampir semua produk dijual di situs china tersebut.

Bila Anda masih bingung untuk membeli produk di Alibaba, berikut di bawah ini akan kami beri panduan singkat cara belanja di situs Alibaba dengan mudah dan aman.

  1. Buat Akun Alibaba

Sama halnya dengan website pada umumnya, untuk memudahkan belanja di Alibaba maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun disana. Dengan memilliki akun Alibaba maka dapat memudahkan Anda menjual atau mencari produk yang akan dibeli disana.

Jika Anda memiliki akun di Alibaba maka tingga sign in, dan jika masih belum punya akun maka klik sign up. Hal yang harus diperhatikan adalah :

  • Tidak dibutuhkan lisensi untuk membuat akun di alibaba. Tapi meskipun begitu, jika Anda menjual produk alibaba ditempat lain maka Anda akan berhadapan dengan pengadilan bisnis.
  • Tapi jika Anda membeli produk dan ingin dijual kembali, maka beritahu kepada pihak supplier di alibaba bahwa Anda akan menjualnya kembali.
  1. Cari Produk Anda

Tahapan yang berikutnya adalah mencari produk yang ingin Anda beli. Cara paling mudahnya adalah dengan mengetikkan keyword produk Anda di kolom pencarian. Atau Anda juga bisa mencari produk satu per satu melalui kategori di Alibaba.

  1. Filter Hasil Pencarian

Bila Anda mencari produk di kolom pencarian dan mengetikkan keyword secara umum maka akan ada banyak hasil yang muncul. Maka itu akan merepotkan Anda untuk memilih produk yang diinginkan. Oleh karenanya maka ketikkan produk Anda beserta motif atau warna yang diinginkan agar bisa menghasilkan produk pilihan.

Atau Anda juga bisa mencari produk berdasarkan supplier produk murah pada negara produsen tersebut. tentu ini akan memudahkan Anda ketika berbelanja nantinya karena dapat menghemat waktu dan ongkos pengiriman barang tersebut.

Cara mencari supplier produk adalah dengan merubah kolom pencarian dari produk menjadi supplier. Tentunya ini akan baik bagi Anda untuk kedepannya ketika Anda ingin berbelanja produk sama pada supplier tersebut.

  1. Lihat Profil Supplier

Periksa secara detail dan terperinci tentang profil supplier yang menyediakan produk tersebut. Pastikan Anda bekerjasama dengan supplier yang terverifikasi oleh situs Alibaba.

Sebagai tambahan, silahkan cek tentang review dari para customer untuk menghindari penipuan atau kualitas barang yang tidak bagus. Anda juga bisa memeriksa kontak dan alamat supplier supaya benar-benar jelas.

  1. Kirim Permintaan Penawaran

Kiriman penawaran produk atau barang Anda kepada supplier. Beri keterangan deskripsi secara jelas produk yang Anda inginkan, baik itu jenis, warna, motif atau ukurannya.

Jangan lupa juga tambahkan berapa jumlah produk yang ingin Anda beli dan kirimkan juga alamat lengkap serta metode pengiriman dengan jelas.

  1. Pilih Supplier Dari Negara Anda

Carilah pihak supplier Alibaba yang memiliki gudang di negara Anda. Selain dapat menghemat ongkos pengiriman, supplier yang berasal dari negara yang sama juga dapat menghindari proses bea cukai alias tanpa pajak.

Sebab jika supplier tersebut berasal dari negara yang berbeda maka Anda pasti akan dikenakan pajak jika membeli produk dalam jumlah banyak dan ongkos kirim pun menjadi mahal. Itulah tips cara mudah belanja produk di Alibaba.