Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Cara Menghilangkan Komedo Di Hidung

f:id:justshare:20170907190558j:plain

Bagi kebanyakan orang, komedo dan jerawat selalu muncul bersamaan di hidung dan area wajah yang lain. Komedo disebabkan oleh kadar minyak yang berlebihan pada wajah, sedangkan timbulnya jerawat disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel pada wajah berminyak sehingga menutupi pori-pori kulit.

Jika komedo di hidung tidak dirawat dan dibiarkan begitu saja maka tentu akan memicu timbulnya jerawat. Tentu keadaan ini membuat rasa percaya diri pada seseorang akan berkurang dan bahkan minder jika berhadapan dengan lawan bicara.

Ada banyak produk perawatan kecantikan yang dijual di pasaran yang fungsinya untuk menghilangkan komedo. Bahkan ada orang sering pergi ke salon untuk merawat wajah supaya terbebas dari komedo dan jerawat. Tapi tentu itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Ada cara alternatif untuk menghilangkan komedo hitam di hidung dan jerawat di wajah dengan ampuh, yaitu menggunakan bahan alami yang harganya murah dan mudah ditemukan di sekitaran rumah kita. Kita bisa menggunakan masker tradisional tersebut untuk mengusir komedo secara permanen.

Namun sebelum membahas cara tradisional menghilangkan komedo dengan bahan alami, sebaiknya kita kenali jenis komedo dan penyebabnya terlebih dahulu.

Jenis Komedo Dan Penyebabnya

Komedo terbagi menjadi 2 jenis, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Bentuk komedo putik menyerupai bintik yang terdapat pada lapisan kulit bagian dalam. Komedo putih ini agak sulit dihilangkan karena harus membuat kulit terluka terlebih dahulu.

Jenis komedo hitam adalah seperti yang yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Biasanya muncul di area hidung dan dagu. Perawatan komedo hitam jauh lebih gampang, salah satunya dengan menggunakan bahan alami.

Penyebab komedo muncul di wajah sangatlah banyak. Seperti pola hidup tidak sehat dengan mengkonsumis minuman beralkohol dan kebiasaan merokok. Komedo juga disebabkan oleh seringnha begadang dan wajah sering terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Cara Tradisional Menghilangkan Komedo Di Di Hidung

Komedo yang dibiarkan begitu saja tentu akan membuat wajah kotor dan tidak terawat, serta dapat memicu timbulnya jerawat. Silahkan pelajari tips dan cara menghilangkan komedo di hidung menggunakan bahan alami yang murah dan bahan mudah ditemukan.

  1. Masker Putih Telur

Gunakanlah masker putih telur ayam kampung untuk menghilangkan komedo di hidung. Putih telur ini berkhasiat untuk mengurangi kadar minyak di dalam kulit dan membersihkan sel kulit mati.

  1. Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Manfaat dari minyak pohon teh bagi kulit adalah untuk mengurangi peradangan akibat komedo dan juga membunuh virus dan bakteri yang menjadi pemicu timbulnya komedo di hidung. Selain digunakan sebagai masker wajah, minyak pohon teh ini juga bisa digunakan untuk mandi dengan mencampur beberapa tetes ke bak mandi.

  1. Daun Sirsak

Ini merupakan cara tradisional yang sangat ampuh menghilangkan komedo dan mencegah timbulnya jerawat, yaitu dengan memakai masker yang terbuat dari bahan alami daun sirsak yang masih muda. Daun sirsak juga berkhasiat untuk menjadikan kulit mulus dan sehat.

  1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai mengandung isoflavon dan vitamin E yang berguna untuk memperbaiki tekstur kulit yang keriput, mengatasi wajah yang kusam dan membersihkan komedo pada hidung dan wajah.

  1. Madu

Madu tidak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit secara alami. Kandungan antibakteri, antiseptik dan antibiotik pada madu bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit serta memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah.

  1. Lemon

Buah lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi serta asam hidroksi yang sangat ampuh mengusir komedo di hidung dan wajah. Anda tinggal ambil lemon yang masih segar, potong menjadi beberapa bagian lalu peras airnya pada kapas. Kemudian oleskan kapas tersebut ke area wajah seperti hidung, pipi, dagu, kening dan leher secara merata agar komedo tidak berani muncul lagi.

Tips Merawat Wajah Supaya Tidak Terkena Komedo

Tahapan pertama adalah sering mencuci muka, setidaknya 2-3 kali dalam sehari. Ini berfungsi untuk menghilangkan debu dan kotoran serta mengurangi minyak yang ada di wajah sehingga tidak menutupi pori-pori wajah.

Kurangi asupan makanan yang berminyak dan seringlah mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Terakhir seringlah mengganti sarung bantal, setidaknya diganti setiap minggu. Karena sarung bantal yang kotor menjadi sarang virus dan bakteri. Jika sarung bantal tidak dalam keadaan bersih maka akan sia-sia kita mencuci muka saat menjelang tidur.

Itulah beberapa bahasan tentang penyebab komedo dan cara tradisional menghilangkan komedo di wajah menggunakan bahan alami. Dengan pemakaian yang teratur maka insyaallah komedo akan hilang secara permanen.