Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Nama latin dari tanaman mengkudu adalah morinda citrifolia. Di Indonesia, buah mengkudu juga terkenal dengan sebutan buah pace dan buah noni. Mengkudu sendiri merupakan buah yang asli berasal dari Asia Tenggara dan tumbuh subur di daerah tropis.

Tanaman mengkudu banyak tumbuh liar di pinggiran rumah atau di pagar pekarangan. Ketinggiannya antara 3-8 meter. Ciri-ciri bunganya berbonggol dan berwarna putih. Bentuk buah mengkudu agak lonjong dan terdapat bintik-bintik pada bagian kulitnya.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi

Orang-orang Indonesia lebih sering mengkonsumsi buah mengkudu dengan cara dijadikan rujak dan diolah menjadi minuman jus yang menyegarkan. Sebab jika dikonsumsi secara langsung, buah mengkudu ini mengeluarkan aroma yang kurang mengenakkan di hidung.

Meskipun rasanya kurang enak, buah mengkudu tetap dikonsumsi oleh sebagian orang. Tak lain karena mereka ingin mendapatkan khasiat dan manfaat yang terkandung didalamnya. Ada banyak sekali manfaat buah mengkudu bagi kesehatan.

Beberapa kandungan senyawa yang terdapat didalamnya sangatlah beragam, diantaranya adalah sosium, acid, kalium, arginine, trace, xeronine, lycine, coprylic, proxenonine, magnesium, plant sterois dan banyak lagi yang lainnya.

Selain dikonsumsi dengan cara direbus dan diminum air rebusannya, buah mengkudu juga seringkali dijadikan obat luar dengan cara dioleskan pada bagian tubuh yang bermasalah.

Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Jika diperinci dengan seksama, ada banyak sekali manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Dan bahkan, buah mengkudu juga memiliki andil yang besar bagi kecantikan kulit wajah. Lalu apa saja manfaat dari buah mengkudu tersebut? Simak dibawah ini.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Penderita hipertensi atau darah tinggi dapat mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam buah mengkudu dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah semakin lancar dan darah tinggi dapat normal kembali.

  1. Mengobati kanker dan tumor

Buah mengkudu juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan sel tumor di dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu secara rutin dan teratur maka ancaman tumor dan kanker dapat dicegah dan diminimalisir.

  1. Menyehatkan tulang

Kesehatan tulang sangat penting dan harus dijaga agar saat tua nanti kita tidak bermasalah dengan tulang, seperti contoh osteoporosis. Buah mengkudu memiliki kemampuan untuk memperpadat tulang sehingga akan semakin kuat dan tidak keropos.

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Bertumpuknya kolesterol jahat di dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung. Agar bisa terhindar dari hal tersebut maka Anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dengan meminum air rebusan buah mengkudu 2 kali setiap hari secara rutin dan teratur.

  1. Mengatasi sembelit

Buah mengkudu juga dapat menyehatkan pencernaan sehingga tubuh akan terhindar dari sembelit dan diare. Sistem metabolisme tubuh juga akan semakin lancar dan sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

  1. Mengobati Wasir

Penyakit wasir atau ambeien seringkali dialami oleh orang yang suka makanan pedas, terlalu lama duduk dan kurang mengkonsumsi air putih. Penyakit hemoroid ini bisa diatasi dengan memakan buah mengkudu secara langsung dan benjolan pada anus akan kempes dengan sendirinya.

  1. Menyembuhkan peradangan

Ada beragam jenis peradangan dapat disembuhkan dengan buah mengkudu, seperti radang tenggorokan, radang kulit, radang lambung dan peradangan yang lainnya. Buah mengkudu berkhasiat untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit akibat peradangan tersebut.

  1. Mengatasi sakit kuning

Penderita sakit kuning biasa memiliki wajah yang pucat dan wajah terlihat kuning. Untuk mengatasi masalah sakit kuning ini maka Anda bisa mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu setiap hari.

Cara Mengolah Buah Mengkudu Untuk Pengobatan

Cara paling mudah dan paling sederhana dalam pengolahan buah mengkudu adalah dengan merebusnya dengan air hingga matang. Dan nantinya air rebusan buah mengkudu tersebut dikonsumsi secara rutin dan teratur hingga penyakit dapat disembuhkan.

Buah mengkudu tidak menimbulkan efek samping negatif bagi kesehatan, asalkan dikonsumsi sesuai dengan dosis dan tidak berlebihan. Bagi ibu hamil, penderita sakit ginjal dan penderita penyakit liver tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah mengkudu karena ditakutkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.