Info Terkini

Pusat Informasi Terbaru

Cara Menjaga Kesehatan Mata

f:id:justshare:20180406161951j:plain

Organ penglihatan mata merupakan salah satu organ vital yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Coba bayangkan saja jika kita tidak memiliki mata atau mengalami mata yang bermasalah, pasti akan merasakan hal yang menyedihkan. Akan ada banyak kesulitan jika mata kita tidak bekerja dengan semestinya.

Oleh karena itu, kita harus melakukan perawatan mata dengan baik agar tidak timbul hal yang tidak baik, seperti mata minus, katarak, sakit mata ata lainnya. Agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik maka kita harus memberikan asupan gizi dan nutrisi setiap harinya.

Dengan semakin bertambahnya usia seseorang, kemampuan penglihatan mata akan mengalami penurunan. Jadi memang kita dituntut untuk selalu memperhatikan kesehatan mati dengan rutin dan teratur. Agar nantinya saat kita sudah menginjak tua, mata tetap bisa berfungsi dengan maksimal.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Salah satu nutrisi yang dapat menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. Ada banyak sumber vitamin A yang bisa kita konsumsi setiap harinya. Anda bisa mendapatkannya pada beberapa buah dan sayuran yang mengandung vitamin A sangat tinggi. Diantaranya adalah :

  1. Wortel

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wortel. Dan bahkan sudah banyak yang mengetahui bahwasanya sayur wortel mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Para pakar kesehatan lebih menganjurkan mengkonusumsi wortel saat mentah karena vitamin A-nya lebih tinggi bila dibandingkan dimasak sebagai sayuran.

Atau agar rasanya lebih lezat dan nikmat, Anda bisa mengolah wortel tersebut menjadi minuman jus. Manfaat wortel bagi kesehatan mata ini mencakup keseluruhan sel pada mata. Baik itu retina atau sel mata yang lainnya. Jika Anda ingin memiliki mata yang sehat dan tidak mudah mengalami masalah maka konsumsilah wortel setiap hari dengan teratur.

  1. Daun Kelor

Asal Anda tau, meskipun ukuran daun kelor ini sangat kecil atau hanya sebesar kuku orang dewasa saja, kandungan vitamin A yang terdapat didalamnya sangatlah tinggi. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa jumlah vitamin A pada daun kelor 4 kali lebih banyak dibandingkan vitamin A pada wortel.

Bukan hanya itu saja, di dalam daun kelor juga terdapat kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Khasiatnya adalah sebagai pengobatan beragam jenis penyakit mematikan, seperti serangan jantung dan stroke. Bahkan organisasi kesehatan dunis WHO menyebut daun kelor sebagai tanaman ajaib sebab manfaat daun kelor bagi kesehatan manusia memang sangat luar biasa.

  1. Mentimun

Nah, cara berikutnya untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menjadikan mentimun sebagai masker mata, bukan dikonsumsi. Ini sangat dianjurkan bagi Anda yang sering bekerja di depan komputer untuk mengatasi mata yang lelah.

Caranya adalah dengan mengkompres mata menggunakan irisan mentimun. Sebaiknya lakukan treatment mata ini pada malam hari menjelang tidur. Cara ini dapat menghilangkan kantung mata dan mengatasi mata panda atau mengatasi lingkaran hitam di area mata.

  1. Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Segala jenis sayuran hijau sangat baik bagi kesehatan mata, seperti sawi dan yang lainnya. Didalamnya terkandung vitamin A dan polifenol yang dapat membuat mata terus sehat. Selain sayuran, Anda juga disarankan mengkonsumsi jenis buah-buahan seperti buah cherry.

  1. Buah Pepaya

Jenis buah yang sangat disarankan dikonsumsi setiap hari buah pepaya. Dalam 1 buah pepaya terdapat kandungan vitamin A yang tidak kalah dengan vitamin A yang terdapat dalam wortel.

Manfaat buah pepaya ini dapat memaksimal fungsi retina mata dan mencegah terjadi kerusakan pada seluruh organ mata. Jadi jika ingin memiliki mata  yang sehat, maka sering-seringlah mengkonsumsi buah pepaya ini.

  1. Hindari Kebiasaan Buruk

Ada banyak pola hidup tak sehat yang dapat merusak fungsi organ mata. Seperti sering berada di hadapat komputer dalam waktu yang lama atau menonton televisi dalam jarak yang dekat. Jadi sebaiknya Anda memperhatikan pola hidup buruk yang satu ini.

Sesekali berikan waktu santai pada mata dengan melihat pemandangan yang jauh dan hijau. Ini untuk melatih fokus mata agar terbiasa memandang objek yang jauh supaya terhindari dari mata minus.

Bagi Anda yang hobby membaca buku maka bacalah dengan lampu yang terang dan jaga jaraknya agar jangan terlalu dekat. Sekali-kali lakukan senam mata agar merenggangkan otot mata.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan setiap hari supaya mata terhindar masalah yang serius.